Analisa Teknologi Infrastruktur Perusahaan Halodoc

 



Penulis: Raissa

Halodoc adalah salah satu perusahaan layanan Kesehatan digital di Indonesia yang menggunakan komunikasi audio, visual dan data untuk pemeriksaan merespon kondisi, dan kebutuhan masyarakat.

Halodoc sendiri didirikan pada tanggal 21 April 2016 di Jakarta oleh Jonathan Sudharta dan diluncurkan oleh PT. Media Dokter Investama. Pada tahun 2015 Jonathan mempresentasikan aplikasi Halodoc ini ke Kementrian Kesehatan perihal platform baru yang akan membantu untuk memudahkan pengobatan dari berbagai macam jumlah kasus penyakit di masyarakat. Halodoc memberikan pelayanan kesehatan terbaik dengan menciptakan "rumah sakit tanpa dinding" yang mengedepankan kesehatan dan jenis pengobatan yang dilakukan dari jarak jauh atau dikenal dengan  telemedicine.

Pada masa pandemi ini justru Halodoc akan lebih berguna untuk masyarakat serta  lebih memaksimalkan peranannya menjadi lebih dinamis dan memanfaatkan Teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI). Karena dengan menggunakan aplikasi ini, Halodoc  memudahkan masyarakat untuk melakukan konsultasi dengan dokter dari berbagai cara seperti melalui video call maupun dengan percakapan tertulis antara pasien dan dokter dari tempat tinggal tanpa harus antri ke rumah sakit. Pada saat ini perusahaan Halodoc mempunyai 20 juta pengguna aktif bulanan serta memiliki 20 ribu lebih dokter pada tahun 2020. Semakin ke depan, Halodoc akan selalu mengembangkan dan meningkatkan teknologi ini menjadi sarana penyediaan layanan kesehatan lainnya.

Information Technology Infrastructure Library (ITIL)
ITIL (Information Technology Infrastructure Library) ialah kerangka kerja yang dirancang untuk menstandarisasi pemilihan, perencanaan, pengiriman, pemeliharaan, serta siklus hidup keseluruhan layanan TI (teknologi informasi) dalam bisnis. Pada tahun 1989 tujuan ITIL adalah untuk menstandarisasi manajemen layanan TI (ITSM) yang memberikan gambaran umum tentang menangani apa yang harus disampaikan dan bagaimana cara menyampaikannya.

Kerangka kerja ITIL dibagi menjadi 5 berdasarkan perusahaan Halodoc :

1. Service Strategy
Tahap pertama dari kerangka kerja ITIL (Technology Infrastructure Library) adalah Service Strategy. Strategi ini bertujuan untuk menemukan dan menjelaskan tujuan perusahaan atau kerangka kerja dari suatu perusahaan yang tersaji dalam bentuk praktik-praktik terbaik ITSM (IT Service management).

“Halodoc itu sudah berdiri dari tahun 2016. Tujuannya itu memang bergerak sebagai platform. Kita punya visi untuk mensimplikasi akses kesehatan melalui teknologi,” kata Alfonsius Timboel, Chief Product Officer di Halodoc, dalam sesi penjurian Top Digital Awards 2021 yang digelar oleh Majalah It Works secara virtual.

Berdasarkan visinya, Halodoc memang sudah memfokuskan pada inovasi masa depan untuk kebutuhan masyarakat tentang layanan kesehatan dan pengobatan yang semakin bergerak maju dan kompleks. Natural Language Processing (NLP) diterapkan pada aplikasi Halodoc ini dengan dipandu oleh Google dalam bahasa Indonesia agar dokter bisa menerima informasi untuk membuat keputusan kepada pengguna Halodoc di seluruh Indonesia dengan menggunakan data yang bertujuan untuk melatih model dari machine learning.

Masyarakat kadang kesusahan untuk mencari obat di apotek, Halodoc kemudian meluncurkan fitur Multiple Farmacy Delivery yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam pencarian obat yang telah bekerja sama dengan 3500 apotek di seluruh Indonesia yang sudah diusahakan terstandarisasi pada aplikasi Halodoc.

2. Service Design
Layanan dan visual dirancang sebaik mungkin demi menarik perhatian para pengguna dan membuatnya lebih praktis dengan menggunakan teknologi infrastruktur ini.

Halodoc mempunyai konsep layanan yang mengandalkan Kesehatan masyarakat di Indonesia, diwujudkan dalam layanannya yang selalu mengembangkan fitur-fitur baru seperti yang sudah dimiliki sekarang, Contact Doctor, Pharmacy Delivery, Lab Service, Artikel Kesehatan, Kalender Menstruasi dan Kehamilan, Buat Janji dan masih banyak fitur menarik lainnya pada aplikasi Halodoc yang tentu dibuat dengan tampilan yang simple dan jelas. Masyarakat bisa memilih atau melihat fitur-fitur pada aplikasi Halodoc dengan mudah.

3. Service Transition
Halodoc sudah sangat baik dalam tahap ini karena cukup banyak dan besarnya impact positif terhadap aplikasi ini dan tentunya selalu bisa membuat pelanggan puas terhadap layanannya. Terlebih pada masa pandemic ini, semua berbasis daring dan diusahakan untuk tidak keluar rumah maka Halodoc mengembangkan aplikasinya agar bisa dibutuhkan untuk menjangkau seluruh wilayah di Indonesia. Pada tahun 2019, Halodoc mendapatkan kepercayaan atas capaian dan perkembangan yang menjanjikan sehingga mendapatkan pendanaan seri B sekaligus menjadi startup pada sector Kesehatan pertama yang menerima pendanaan dari Bill & Melinda Gates Fondation.

Nilai transaksi 2021 naik pesat hinggal 16 kali lipat dari tahun 2018 dan dalam periode yang sama, jumlah pengguna aktif meningkat hingga 25 kali lipat. Halodoc tentunya akan selalu menambahkan mitra layanannya yang saat ini mempunyai 20.000 dokter yang sudah berlisensi, 2000 rumaah sakit/ klinik/lab, dan 4000 apotek yang tersebar di ratusan kota di Indonesia

4. Service Operation
Untuk menjamin kredibilitas dokter yang tergabung dalam Halodoc, dokter harus memenuhi syarat, seperti surat kelulusan dokter, Surat Tanda Registrasi (STR), dan Surat Izin Praktik (SIP). Dengan melengkapi syarat-syarat tersebut, dokter dapat bergabung secara daring (online) tanpa bertemu dengan tim Halodoc. Untuk memastikan kredibilitas dokter yang mendaftar, Halodoc juga bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Konsil Kedokteran Indonesia (KKI).

5. Continual Service Improvement.

Industri teknologi kesehatan di Indonesia secara umum masih di tahap yang sangat awal. Perjuangan membangun kepercayaan adalah satu dari banyak tugas yang diselesaikan setiap pemain di dalamnya. Khusus untuk layanan konsultasi dokter online, fokusnya adalah mengubah budaya masyarakat mengenai cara mereka mencari tahu informasi tentang kesehatan.

"Tantangan pertama [untuk menjangkau pengguna] adalah edukasi first response orang sakit untuk tanya ke dokter. Orang Indonesia ada kebiasaan di mana mereka lebih nyaman nanya tentang kesehatan kepada orang-orang terdekat mereka seperti keluarga atau teman," terang Felicia.

Sambil menunggu masyarakat siap dengan terobosan-terobosan baru dengan sentuhan teknologi, regulasi juga harus menjadi perhatian. Payung hukum yang jelas diharapkan mampu melindungi pengguna dan penyedia layanan. Sinergi antara regulasi dan produk berkualitas diharapkan mampu meningkatkan kepercayaan pengguna pada industri ini.


Daftar Pustaka
Daftar Pustaka yang di peroleh :
• ITIL (Perpustakaan Infrastruktur Teknologi Informasi). Diperoleh November 2020, dari
https://www-techtarget-com.translate.goog/searchdatacenter/definition/ITIL?_x_tr_sl=auto&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id
• ITSM VS ITIL - Perbedaan antara ITIL & ITSM. Diperoleh 10 Desember 2019, dari
https://www.motadata.com/id/blog/difference-between-itil-and-its
• Tentang Information Technology Infrastructure Library (ITIL), Diperoleh 03 Januari 2018, dari
https://surabaya.proxsisgroup.com/tentang-information-technology-infrastructure-library-itil/
• Review HaloDoc. Diperoleh 06 Januari 2019, dari
http://ruthfaomasiniagea.blogspot.com/2019/01/review-halodoc.html
• Lima Tahun Berinovasi, Halodoc Terus Fokus Jawab Tantangan Kesehatan di Indonesia. Diperoleh 21 April 2021, dari
https://pressrelease.kontan.co.id/release/lima-tahun-berinovasi-halodoc-terus-fokus-jawab-tantangan-kesehatan-di-indonesia?page=all
• Jonathan Sudharta: Halodoc tak Gantikan Rumah Sakit. Diperoleh 10 Oktober 2018, dari
https://teknologi.bisnis.com/read/20181010/266/847709/jonathan-sudharta-halodoc-tak-gantikan-rumah-sakit
• Mengenal Halodoc, Startup yang Bikin Berobat Jadi Lebih Gampang. Diperoleh 25 Mei 2021, dari
https://bigalpha.id/news/mengenal-halodoc-startup-yang-bikin-berobat-jadi-lebih-gampang
• Pertumbuhan bisnis start-up Halodoc loncat 500%. Diperoleh 23 November 2017, dari
https://industri.kontan.co.id/news/pertumbuhan-bisnis-start-up-halodoc-loncat-500
• Startup HaloDoc Menembus Keterbatasan Tenaga Medis. Diperoleh 25 Mei 2018, dari
https://www.wartaekonomi.co.id/read182230/startup-halodoc-menembus-keterbatasan-tenaga-medis.html
• Pengguna Halodoc Naik Dua Kali Lipat, Layanan Dokter Paling Diminati. Diperoleh 01 Maret 2021, dari
https://katadata.co.id/yuliawati/digital/603cc92f0dd5d/pengguna-halodoc-naik-dua-kali-lipat-layanan-dokter-paling-diminati#:~:text=Terdapat%20lebih%20dari%204.000%20penyedia,akan%20tetap%20diminati%20pada%202021
• Punya 20 juta pengguna aktif bulanan, begini fokus Halodoc selama masa pandemi. Diperoleh 07 Juli 2021, dari
https://industri.kontan.co.id/news/punya-20-juta-pengguna-aktif-bulanan-begini-fokus-halodoc-selama-masa-pandemi
• TOP Digital Awards 2021: Halodoc Mudahkan Akses Kesehatan Lewat Teknologi. Diperoleh 05 November 2021, dari
https://www.itworks.id/45484/top-digital-awards-2021-halodoc-mudahkan-akses-kesehatan-lewat-teknologi.html#:~:text=%E2%80%9CHalodoc%20itu%20sudah%20berdiri%20dari,Majalah%20It%20Works%20secara%20virtual

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR)

Penderitaan dan Hempaskan

Beberapa Budaya Indonesia yang Terkenal Mistis