IT SERVICE MANAGEMENT
Halo
teman-teman ,di artikel kali ini saya Raissa sebagai penulis akan mereview e-book yang berjudul “IT
Service Management” karya dari Ernest Brewster, Richard Griffiths, Aidan
Lawes, dan juga John Sansbury. Berikut adalah tampilan depan (cover)
jika para pembaca ingin membaca buku ini juga.
Sebelum mereview secara keseluruhan, kita bahas
terlebih dahulu pertanyaan – pertanyaan yang mungkin saja terlintas di pikiran
pembaca seperti “Buku ini ada berapa halaman ya?” atau “Buku ini isinya lengkap
gak ya?” pertanyaan – pertanyaan seperti itu. Jadi buku ini memiliki kurang
lebih 241 halaman yang berisi dari empat bab dan masing – masing bab sudah
pasti membahas semua tentang ITSM dan ITIL yang akan membuat pembaca memahami
pentingnya dua komponen tersebut ketika menjalankan sebuah perusahaan.
Mari kita mulai dari Section I yang membahas tentang
dasar – dasar dari service management atau manajemen layanan. Manajemen
layanan sendiri adalah apa yang memungkinkan penyedia layanan lakukan untuk :
- Memahami layanan yang
diberikan entah itu dari perspektif pelanggan maupun dari perspektif penyedia.
- Benar – benar memastikan
bahwa layanan yang penyedia berikan akan memfasilitasi hasil yang ingin dicapai
pelanggan.
- Mengelola serta memahami
semua biaya dan risiko yang terkait dengan penyediaan layanan tersebut.
Di
section ini menjelaskan bahwa service management / manajemen layanan
adalah seperangkat kemampuan organisasi yang bersifat unik/eksklusif untuk
memberikan nilai kepada pelanggan dalam bentuk layanan. ITIL sendiri bukan
sebuah standar dalam arti yang formal melainkan hanya sebuah kerangka kerja
saja yang menjadi sumber praktik yang baik dalam manajemen layanan. Standar
untuk IT Service Management (ITSM) adalah ISO/IEC 20000. Itulah yang
dikatakan oleh buku ini.
Di Section II kita akan bertemu
materi baru yaitu “The Service Lifecycle” yang isinya akan membahas
tentang apa itu Service Strategy, Service Design, Service Transition,
Service Operation, dan Continual Service Improvement. Tidak hanya
pengertiannya saja, disana juga diajarkan tentang manajemen risiko yang efektif
itu seperti apa. Terdapat juga empat buah strategi P yaitu Perspective, Position, Plan dan Patttern serta tiga jenis penyedia layanan TI
Kita lanjut pada section III yang berjudul "The Processes and Functions" Berdasarkan judulnya, tentu untuk memahami ERP kita harus memahami bagaimana bisnis untuk berkerja dan apa saja hal yang berkaitan dengan hubungan bisnis dengan IT. Bab ini menjelaskan tentang beberapa pandangan pada proses bisnis seperti ke efisiensi an bisnis sharing data dalam bidang fungsional sehingga dapat memperlihatkan keberhasilan seorang manajer dalam hal bisnis dalam beberapa perspektif pelanggan yang puas. dan tentu berdasarkan judulnya yaitu proses dalam bidang bisnis, pada Bab ini pembaca akan mengetahui tahapan dan proses dalam bisnis yang perlu diketahui.
Lalu pada
section akhir yaitu section IV yang berjudul "Measurement,
Metrics, and The Deming Cycle". Pada bab terakhir sudah
dijelaskan di tujuan awalnya yaitu, Untuk membandingkan kinerja satu operasi
atau layanan dengan yang lain seperti sebuah tolak ukur. Karena kinerja
merupakan tolak ukur perkembangan organisasi/perusahaan yang bisa digunakan
sebagai dasar untuk pengambilan keputusan manajerial untuk menggapai tujuan
organisasi/perusahaan.
Dari
hasil review yang penulis sampaikan diatas, dapat disimpulkan bahwa Pemanfaatan
ITIL dan ITSM sangat membantu sistem yang berjalan di semua perusahaan maupun
organisasi yang ada. Dengan implementasi configuration management, service desk
dan sebagainya pada perusahaan maupun organisasi dapat menyediakan kualitas
pelayanan teknologi informasi yang tinggi kepada klien. Karena itu, e-book
yang berjudul IT Service Management yang ditulis oleh Ernest Brewster, Richard
Griffiths, Aidan Lawes dan John Sansbury sangat berguna bagi kepentingan
service management pada perusahaan karena yang di tulis secara detail dan
luasnya pengetahuan didalamnya sehingga pembaca dapat mengembangkan ilmu si
pembaca terutama untuk para pendiri perusahaan yang memerluka pengetahuan
seperti ini. Buku ini ditulis dengan menggunakan Bahasa Inggris sehingga anda
perlu memahami sekaligus dengan bahasa inggris. Tetapi bukan karena buku ini
ber bahasa inggris, pembaca menjadi enggan untuk membaca karena buku ini
berisikan pengetahuan yang sangat luas dan berguna bagi kita.
Oke, ini akhir dari penulisan yang saya buat untuk mereview e-book yang sangat bermanfaat ini, semoga anda dapat memahaminya dan jangan lupa untuk selalu berkunjung di blog saya!
Referensi :
http://dina_agustin.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.15
Comments
Post a Comment