IT Service Management pada Traveloka

"Sejak awal kami hadir kami berkomitmen tak akan berhenti berinovasi,"

Salah satu perusahaan teknologi jasa layanan travel terkemuka di Asia Tenggara dalam bentuk platform, Traveloka.

Berawal dari konsep platform pembandingan harga tiket pesawat dari beberapa situs lain hingga berkembang tidak hanya menjadikan situs tersebut sebagai pembandingan antara harga tiket dari situs lain. Traveloka menjadi sebuah situs reservasi tiket pesawat, dan kamar hotel di tahun 2013. 

PT. Trinusa Travelindo mendirikan situs website Traveloka.com pada tahun 2012 dan menjadikan Traveloka yang identik sebagai jasa pelayanan perjalanan terbesar, termurah, teraman dan termudah di Indonesia.

    BACA JUGA: Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR)

Traveloka juga sudah membuat aplikasi sehingga tidak hanya diakses melalui website yang bisa diunduh melalui ponsel pengguna. Saat pandemi merugikan banyak sektor bisnis hingga pariwisata, Traveloka tidak berhenti begitu saja. Traveloka memperkenalkan salah satu fitur Pay Later Virtual Number di Asia Tenggara yaitu platform pembayaran transfer bank dengan Virtual Account di luar Traveloka. 

  

Dengan perkembangannya yang sangat baik pada platform ini,

Apakah Traveloka sudah memenuhi Standar Internasional Manajemen Pelayanan Teknologi Informasi?

Karena banyaknya hingga lebih dari ribuan data IT yang telah tersimpan, Information Technology Infrastructure Library atau yang biasa disebut dengan ITIL, telah menjadi perusahaan sebagai sistem pengelolaan. Penjelasan ITIL ini sudah tersebar banyak informasi di Internet dan mengapa ITIL dijadikan hal yang sangat penting untuk memberikan ITSM (Manajemen Layanan Teknologi Informasi/IT Service Management) yang efektif di perusahaan?

ITIL adalah rangkaian konsep ataupun framework untuk IT Service Management atau yang kita sebut sebagai ITSM yang berguna untuk peningkatan Return on Investment pada TI dan juga kepuasan pelanggan/pengguna.

Komponen ITIL pada Traveloka :

Service Strategy (Strategi Layanan)

Pada salah satu startup di Indonesia yaitu Member.id mengadakan putaran pendanaan seri A yang membantu perusahaan untuk mengelola program loyalti. Traveloka juga berpatisipasi dalam pendanaan tersebut yang memungkinkan pengguna mengubah poin ke berbagai macam hadiah. 

Traveloka juga menambahkan sejumlah strategi untuk dilakukan, yaitu Traveloka sudah merambah bisnis pesan-antar makanan hingga menyediakan Layanan Pemeriksaan COVID-19 dengan lebih dari 140 mitra dan banyak meluncurkan beragam fitur baru dari waktu ke watu.

“Ini guna mengantisipasi situasi yang terus berkembang. Kami secara cepat mempersiapkan strategi yang terus dipertajam seiring dengan perubahan situasi,” kata Alfan kepada Katadata.co.id, dua pekan lalu (4/9).

Karena Traveloka merupakan salah satu jasa pelayanan perjalanan hingga penerbangan, Traveloka mempunyai penawaran yang sangat banyak dan juga memenuhi kebutuhan pengguna sehingga jika pelanggan ingin pergi, Traveloka akan siap untuk menyediakan tiket yang murah dan efektif.

Service Design (Desain Layanan)


Saat membuka situs Traveloka, pengguna akan disajikan langsung pilihan-pilihan yang dibutuhkan seperti pemesanan hotel, pesan-antar makanan, pemesanan tiket, pengisian pulsa dan banyak fitur menarik lainnya yang membuat pengguna lebih praktis untuk menggunakannya karena hanya memasukan alamat atau informasi yang diperlukan didalamnya dan tidak lupa untuk Sign In sebelum melakukan pemesanan.


Kemudian, website akan menampilkan daftar-daftar hotel yang sudah diasediakan pada pilihan pengguna yang sudah disesuaikan sehingga pengguna bisa memilih hotel yang sesuai dengan harga yang diinginkan dan juga bisa mengatur kondisi dari hotel yang di tampilkan.


Selain beberapa fasilitas mengenai pemesanan dan juga perjalanan, Traveloka baru menambahkan fitur untuk bermain permainan berhadiah yang ditujukan agar pengguna tetap nyaman dan setia untuk menggunakan Traveloka.


Traveloka tidak hanya memiliki situs website, tetapi juga memiliki aplikasi yang dapat diunduh secara gratis di semua wilayah Indonesia dengan tampilan yang menarik dan praktis.

    BACA JUGA: Beberapa Budaya Indonesia yang Terkenal Mistis

“Kami ingin memberikan pengalaman yang mulus ketika menggunakan aplikasi Traveloka, yang mendukung aktivitas berwisata kamu dari awal hingga akhir,” ujar Bowo, yang telah bergabung dengan Traveloka sejak awal berdirinya startup tersebut.


Untuk saat ini, banyak pengguna memilih untuk mengakses sesuatu menggunakan telepon karena sangat praktis untuk digunakan dan juga tidak perlu membawa laptop untuk melakukan pencarian. Tetapi Traveloka melakukan perubahan signifikan terhadap tampilan situs di perangkat desktop maupun mobile untuk mempermudahkan pengguna untuk mengaksesnya.

Service Transition (Transisi Layanan)

Ferryu Unardi selaku CEO serta Co-Founder serta Albert selaku Co-Founder telah mendirikan perusahaan ini sejak 29 Februari 2012, yang terinspirasi dari burung Godwit untuk logo perusahaannya untuk terbang jauh tanpa berhenti dengan alasan karena mere menyukai berpetualang atau keliling dunia.

Dari hanya mempunyai delapan orang dari beberapa divisi hingga kini mereka sukses memiliki lebih dari 2.000 talent terbaik di Asia Tenggara hingga kawasan lainnya seperti Eropa dan Amerika.

Dengan berlatar belakangkan lulusan IT yang minim, keduanya sempat merasakan kesulitan dalam menggaet investor dan bagaimana cara untuk memperbesar serta memproyeksikan model bisnisnya kepada orang-orang. Namun karna kerja kerasnya, Traveloka dapat berhasil mendapatkan pendanaan dari East Ventures dan Global Founders Capital pada tahun 2013.

Sekarang, Traveloka sudah memperoleh penghargaan Best in Future of Connectedness di Indonesia dan Singapura karena bisa mendorong kesuksesan dari sisi bisnis dan menggunakan analitik data untuk mengembangkan serta memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik maupun meningkatkan efisiensi operasional bisnis tersebut.


Referensi yang diperoleh :
Traveloka
• Analisis Kualitas Layanan TRAVELOKA
• Sejarah Singkat Perusahaan Traveloka dan Perkembangannya
• Transformasi Traveloka dalam satu dekade
• Traveloka Youtube
• Apa itu ITIL dan Apa Manfaatnya?
• Apa Alasan di Balik Perubahan Tampilan Aplikasi Mobile Traveloka?
• Inovasi Traveloka Raih Penghargaan Best in Future Connectedness

Kunjungi Profile Penulis :
Get To Know Me   -   Instagram   -   Akun Seni

Comments

Popular posts from this blog

Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR)

Penderitaan dan Hempaskan

Beberapa Budaya Indonesia yang Terkenal Mistis